Materi-materi seputar perkuliahan S2 Teknologi Pendidikan dan Materi-Materi Umum

Monday, July 27, 2020

MENGENAL APLIKASI MEETING ZOOM: Fitur, Cara Menggunakannya, serta Perbandingan Zoom dengan Google Meet



MENGENAL APLIKASI MEETING ZOOM:
Fitur dan Cara Menggunakannya, serta Perbandingan Zoom dengan Google Meet



Salam Sahabat Tiers.
Sudah hampir 7 bulan proses pembelajaran yang dilaksanakan pada masa pendemi COVID-19 berlangsung secara daring. hal ini karena larangan dari pemerintah bahwa jangan ada kerumunan. Ini sangat berdampak sekali pada proses pembelajaran berlangsung, yang tadinya tatap muka kali ini harus dilaksanakan di rumah atau secara online sitem dari jarak jauh atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)


Semangat belajar jangan pernah pudar, meskipun tetap belajar secara online, tetapi proses pembelajaran harus dilaksanakan, sebenarnya di era zaman sekarang, aplikasi untuk menunjang proses pembelajaran sangat banyak untuk kita manfaatkan, salah satunya aplikasi video conference, yaitu aplikasi ZOOM.


Aplikasi meeting daring menjadi pilihan bagi para pelajar/mahasiswa yang terpaksa harus menyelesaikan pembelajarannya di rumah atau work form home karena wabah COVID-19. Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. Aplikasi yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat ini didirikan sejak 2011 lalu dan digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan dan juga di bidang pendidikan untuk proses belajara mengajar. 


Cara pakai aplikasi Zoom untuk meeting sekarang ini menjadi andalan bagi seluruh masyarakat dunia. Salah satu diantarnya adalah Indonesia. Pasalnya, virus Corona atau Covid-19 menjadi wabah yang mesti dihindari. Seluruh pekerjaan kantor, anak sekolah, mahasiswa dan yang lainnya dilakukan dari rumah.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus yang mematikan. Jadi, masyarakat melakukan semua aktivitas secara online dengan memanfaatkan Zoom Meeting.
Setelah mengetahui definisi aplikasi zoom, lalu aplikasi ini seperti apa? dan bagaimana cara mengunduhnya? yuk simak ulasan berikut ini :


Cara Mengunduh Aplikasi Zoom?

Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost
 


a) Aplikasi Zoom Untuk Windows

Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui laptop anda, dan laptop anda menggunakan Operating System Windows anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka Web Browser di Lapotop anda. Lalu ketik ‘Zoom Cloud Meeting’ pada kolom pencarian.
  2. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020.
  3. Kemudian Klik ‘Download‘ atau ‘Install’.
  4. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di Laptop Anda
  5. Selesai !

 

b) Aplikasi Zoom Untuk Android Smartphone

Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui smartphone android, anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka Playstore di smartphone Anda, dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’.
  2. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020.
  3. Kemudian Klik ‘Download’ atau ‘Install’.
  4. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di smartphone Anda.
    Aplikasi Zoom (Tangkap Layar Playstore).

 

c) Aplikasi Zoom Untuk Iphone Smartphone

Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui smartphone Iphone, anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka Appstore di Smartphone Anda, dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’.
  2. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020.
  3. Kemudian Klik ‘Download’ atau ‘Install’.
  4. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di smartphone Anda.
  5. Selesai 



Cara Mendaftar Zoom

Agar dapat menggunakan Zoom, kamu hanya perlu mendaftarkan diri secara gratis, baik melalui aplikasi di HP atau website, berikut caranya:

Di website:

  • Kunjungi zoom.us, lalu klik tombol Sign Up.
    zoom meeting 1
  • Isi kolom email dengan email aktifmu, lalu cek email dari Zoom di kotak masukmu.
  • Klik ”Activate Account” hingga kamu kembali diarahkan ke browser untuk membuat password baru. Selamat, akunmu sudah aktif!
    zoom meeting 2
  • Jika sudah memunyai akun, kamu bisa memilih Sign In, lalu memasukkan email dan password yang kamu gunakan untuk mendaftar Zoom Meeting.

Di HP:

  • Buka aplikasi Zoom, lalu klik Sign Up.
  • Masukkan alamat email, nama depan, dan nama belakang yang ingin kamu tampilkan bagi pengguna lain. Jangan lupa untuk mencentang persetujuan Terms of Service. Setelah itu, klik Sign Up.
  • Zoom akan mengirimkan email ke alamat email yang kamu gunakan.
  • Klik “Activate Account” di email yang masuk dari Zoom.
  • Lalu kamu akan diminta untuk menentukan password untuk akun Zoom milikmu. Selesai.
  • Jika sudah punya akun, kamu bisa memilih Sign In, lalu memasukkan email dan password yang kamu gunakan untuk mendaftar Zoom Meeting.

Namun, tak hanya kendala pada layar yang kecil, mengakses Zoom Meeting melalui HP juga mempunyai kekurangan lain, misalnya kamu tak bisa mengganti foto profil. Ya, penggantian foto profil dan mengedit nama yang hanya terdiri dari satu kata hanya bisa dilakukan mealui laptop/komputer.

Jika kamu menggunakan laptop/komputer, pastikan juga kamu menginstal aplikasinya, ya. Sebab, ada sedikit perbedaan ketika menggunakan Zoom di browser dengan aplikasi, yaitu kamu bisa mengubah tampilan virtual background melalui aplikasi. Mengapa hal ini penting?

Jika ruangan yang kamu gunakan sedang dalam keadaan berantakan atau kurang pantas ditampilkan saat meeting, kamu bisa mengubah latar ruangan menjadi gambar yang bisa kamu pilih sendiri. Aplikasi Zoom menyediakan tiga background default yang bisa kamu pakai, tapi kamu juga bisa menyertakan gambar lain dengan rasio 16:9 dengan maksimal ukuran 5 MB.

Cara Menggunakan Zoom Meeting

Setelah mengetahui perbedaan Zoom Meeting dengan layanan lainnya, mari ketahui cara mengakses layanan yang satu ini.

  1. Kamera, baik yang sudah tertanam di perangkat pintar atau webcam terpisah. Biasanya, komputer, laptop, atau HP modern sudah mempunyai kamera yang cukup mumpuni untuk mengakses Zoom.
  2. Mikrofon atau mic. Sama seperti kamera, biasanya mic juga sudah tertanam di perangkat pintar. Kamu bisa mengetes suaramu melalui pengaturan audio di aplikasi. Jika output dan input suara bermasalah, sebaiknya kamu menggunakan mic atau headset terpisah.
  3. Koneksi internet. Tentu saja, untuk menghubungkanmu dengan rekan kerja melalui video call, kamu memerlukan koneksi internet yang cepat dan stabil.
  4. Aplikasi Zoom. Baik di HP, laptop, atau komputer, sebaiknya kamu menginstal aplikasi Zoom ketimbang mengaksesnya melalui browser.

Jika kamu adalah Host yang berperan untuk membuat ruang di Zoom Meeting, sebaiknya kamu menggunakan laptop atau komputer karena lebih mudah digunakan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom, lalu klik “Start” seperti pada gambar.
    start zoom meeting
  2. Klik “Invite Others”. Kamu bisa mengundang peserta melalui email atau menyalin link yang tertera.
  3. Tunggu hingga semua peserta masuk ke ruang meeting. Jika diperlukan, kunci ruang meeting dengan memberi tanda centang pada pilihan “Lock Meeting” di menu Security seperti pada gambar.
    lock zoom meeting
  4. Jika perlu, kamu juga bisa merekam meeting yang sedang berlangsung dengan mengklik menu Record seperti pada gambar. Nantinya, data yang terekam akan diubah menjadi format .mp4.
    record zoom meeting
  5. Mengingat kamu adalah Host, jika meeting telah berakhir, kamu bisa memilih untuk mengakhiri meeting untuk semua atau meninggalkan meeting dengan mengklik “End Meeting” di sebelah kanan bawah. Lalu pilih sesuai kebutuhanmu.
  6. Jangan lupa untuk selalu memperbarui aplikasi Zoom Meeting agar kamu terhindar dari virus atau hacking, ya!
    update zoom meeting

Tips Menjaga Keamanan Zoom Meeting



Fitur- fitur  utama zoom.

Ada Banyak sekali Fitur-fitur Zoom yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan baik itu grup, kerjaan, dan hal hal lainnya. Bahkan ada juga yang memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting untuk melaksanakan Video Conference. Berikut adalah fitur- fitur inti aplikasi rapat Zoom yang sangat mempermudah konferensi rapat online Anda:

  • Pertemuan rapat one-on-one.

    Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost

     
    Host atau tuan rumah dapat melakukan pertemuan persatuan atau one-one-one tanpa batas bahkan dengan paket gratis sekalipun. Anda juga dapat dengan mudah melakukan manage terhadap user yang bergabung pada Konferensi meeting Anda dengan menggunakan Aplikasi Zoom

  • Konferensi rapat grup video.

     
    Anda dapat mengundang hingga 500 orang peserta jika Anda membeli add-on untuk rapat besar. Namun paket gratis memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan konferensi rapat format video hingga 40 menit dan sampai 100 peserta. Zoom sangat mudah digunakan bahkan dengan koneksi yang lambat sekalipun.
  • Sharing screen & Chat

    Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost

     
    Peserta dapat bertemu dalam format one-one-one atau dengan kelompok besar serta berbagi layar Anda dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang Anda lihat. Hal ini sangat berguna bagi kita yang menggunakan Zoom untuk rapat perkejaan, mempresentasikan proyek dengan client, dan lainnya
     
    Untuk peserta juga dalam melakukan Chat kesemua user atau juga keuser lain secara Private. Fitur ini sangat bermanfaat untuk diskusi antar peserta yang hadir untuk rapat dan Conference. Bisa juga dimanfaatkan untuk sesi FAQ atau tanya jawab dengan menginformasikan pertanyaan pada Fitur Chat ini.
  • Fitur Recording Video Call

    Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost

     
    Satu lagi yang tidak kalah keren dari Zoom, Kita bisa melakukan Recording atau merekam Video Call yang kita lakukan, hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang melaksanakan Video Conference dimana nantinya videonya akan di upload kembali atau di edit agar lebih baik sebelum di publikasi ke umum.


Perbedaan Aplikasi Google meet Vs Zoom


Perbedaan Aplikasi Google meet Vs Zoom

Karena celah keamanan maka Noka review Perbedaan Aplikasi Google meet Vs Zoom Sebelum Tim keamanan Google telah menginformasikan bahwa Zoom tidak memenuhi standar keamanan perusahaan? Namun Karyawan google yang telah menggunakan Zoom untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman dapat terus melakukannya melalui browser web personal atau melalui smartphone. Kutifan dari Juru bicara Google Jose Castaneda, rilis The Verge. Kami telah lama memiliki kebijakan untuk tidak mengizinkan karyawan menggunakan aplikasi yang tidak disetujui untuk pekerjaan yang berada di luar jaringan perusahaan.


Fungsi Aplikasi Google Meet dan Zoom
Kritik atas keamanan Zoom bukan baru terjadi saat ini, Hal demikinan juga terjadi. Namun saat pandemi Covid-19, telah perusahaan menghadapi kritik karena privasi yang lemah dan perlindungan keamanan. Demikian pada bulan Juli tahun lalu ketika cacat macOS memungkinkan URL Zoom dapat secara sepihak mengaktifkan webcam MacBook. Untuk hal diatas wajar pula jika Google bukan perusahaan pertama yang melarang penggunaan Zoom. Tesla juga melakukan hal yang sama awal bulan ini karena masalah keamanan dan meminta karyawan untuk mengandalkan panggilan telepon, email (surat elektronik), dan pesan singkat sebagai gantinya.


Persamaan Aplikasi Google meet dan Zoom

Bahkan, kedua alat itu juga memiliki beberapa fitur hampir serupa. Dari kemampuan untuk bergabung dalam rapat melalui smartphone juga menghadirinya melalui personal computer demikian pula layanan aplikasi web atau sistem Android dan iOS


Namun saat meeting host-lah yang memiliki tanggung jawab untuk bertanggung jawab atas rapat ataupun membisukan mikrofon peserta.

Perbedaan Aplikasi Google meet Vs Zoom
Walau peserta meetup bisa menjaga privasi, dengan memiliki kemampuan untuk membisukan mikrofon dan mematikan kamera. Jika diamati secara bijak Khusus Zoom, media ini memiliki penawaran yang lebih maju, di antaranya adalah mencegah beberapa orang untuk berbicara pada saat yang sama.

Secara visual
Terdapat latar belakang virtual yang memungkinkan Anda untuk mengatur gambar atau video sebagai latar belakang selama rapat. Bahkan, ada juga penawaran Touch Up My Appearance, yang pada dasarnya adalah filter yang menghaluskan kulit, dan membuat Anda terlihat lebih baik untuk pertemuan penting itu. Hal tersebut berbeda dengan Google Meet, di mana alat konferensi itu tak memiliki spesifikasi khusus. Sebab, sejak awal Google lebih menekankan pada kesederhanaan. Meski demikian, fitur itu merupakan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengadakan pertemuan daring. Kelebihan Google Meet Tetapi, ada satu fitur yang nyatanya tak dimiliki Zoom, yaitu Teks Langsung. Dalam percakapan daring, di Google Meet akan ada teks percakapan di layar ketika melakukan komunikasi. Namun, Bahasa yang didukung hanya Bahasa Inggris, bahkan, teks juga tak akan muncul jika video itu telah bersifat rekaman.


Secara Pembiayaan

Pilihan paket berbayar Kedua kompetitor memang memiliki paket berlangganan dengan tambahan kelebihan, utamanya kemampuan merekam. Namun, paket yang ditawarkan Google Meet dibilang lebih mahal. Dari segi jumlah peserta, Zoom memiliki kapasitas peserta yang besar juga. Di mana, paket termahal di Zoom bahkan mampu mendukung pertemuan dengan 500 peserta. Zoom menawarkan lebih banyak paket gratis. Hal ini, mendukung sampai 100 peserta per pertemuan. Namun, dengan banyaknya layanan tambahan, ada biaya upgrade dari gratisan menjadi 15 dolar (lihat kurs Rp saat ini/rate) per host apabila durasi yang ingin digunakan lebih dari 40 menit. Sebab, tarif gratis hanya ada pada rentang waktu itu. Silahkan unduh Google Meet dengan menggunakan Google Play atau

Kesimpulan
Zoom dan Google Meet sebetulnya memiliki fitur yang hampir sama. Sebab keduanya memang dibuat untuk memudahkan para pelaku work from homefreelancer, atau siapapun yang memang memerlukan komunikasi video dengan banyak orang.

Zoom memerlukan biaya tambahan ketika seseorang bergabung dalam rapat lewat telepon. Ia tak masuk kedalam bagan video. Hal ini berbeda dengan Google Meet yang menggratiskan fitur ini. Jadi soal biaya, Google Meet lebih hemat.

Apalagi secara biaya, ketika Anda mendaftar ke Google Meet, Anda bukan hanya mendapatkan aplikasi tersebut semata namun keseluruhan G Suite yang sangat menunjang bisnis.

Kelebihan Zoom aadalah pengaturan ruang rapat yang lebih baik daripada Google Meet. Ia mudah diintegrasikan kedalam berbagai peralatan konferensi. Apalagi jumlah pesertanya bisa memuat sampai 500 orang.

Perbandingan Zoom dengan Google Meet cukup adil. Meski begitu, Anda bakal memilih yang mana? Anda memang dihadapkan pada fitur banyak tapi biayanya lebih besar. Atau Anda membutuhkan dukungan aplikasi lain daripada semata aplikasi rapat online? Selamat memilih.

Untuk lebih jelasnya silahkan di simak Video di bawah ini !



REFERENSI :


https://tirto.id/
https://idcloudhost.com/
https://kopitekno.com/
https://www.dewaweb.com/
https://www.situsnoka.com/
https://www.youtube.com/watch?v=6WDhd1Sy9Kc





Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support