Materi-materi seputar perkuliahan S2 Teknologi Pendidikan dan Materi-Materi Umum

Thursday, July 16, 2020

MEMBUAT DIGITAL BOOK MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA BERBANTUAN SOFWARE 3D PAGEFLIP PRO 3D

MEMBUAT DIGITAL BOOK MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA BERBANTUAN SOFWARE 3D PAGEFLIP PRO 3D



Di era zaman sekarang IT sudah sangat familiar di kalangan milenial, terutama di bidang pendidikan. pemanfaat Teknologi sangat bermanfaat sekali dalam proses belajar mengajar, buku-buku yang tadinya hanya berbentuk kertas, sekarang sudah bisa di rubah menjadi digital dan bisa diakses dalam genggaman gadget, sehingga materi-materi ajar bisa kita manfaatkan dalam bentuk digital.



Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini buku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.

Salah satu usaha untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan transfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut.

pada kesempata kali ini, penulis akan membahas bagaimana cara membuata e-book atau buku digital, dalam hal ini penulis menggunakan salah sofware 3d page Flip pro 3D. untuk aplikasinya bisa di download di internet dan cara menginstalnya juga mudah. Tapi dalam hal ini, penulis hanya akan menerangkan bagaimana merubah dari tadinya bentuk teks menjadi e-book dengan aplikasi page flip pro 3D, untuk lebih jelasnya, ikuti tuorial di bawah ini . 


Langkah ke-1 :
Pastikan sudah menginstal sofware 3D PageFlip Pro dan masukkan seriak key agar menjadi full Version, kemudian jalan aplikasi 3D Page Flip Pro tersebut dengan mengklik Icon 3D PageFlip di dekstop komputer anda, seperti tanpak  pada gambar di bawah ini .. 


Setelah di klik, maka kana muncul tampilan aplikasi 3D PageFlip Pro sebagai berikut : 


Langkah ke-2: 
Klik Create New (seperti gambar di atas) sehingga muncul tampilan sebagai berikut: 


Langkah ke-3:  
Klik Select Template jika kita ingin mengubah bahan ajar 3D yang akan dibuat, sehingga muncul beberapa item pilihan Template sebagai berikut: 



Untuk jenis Templatenya bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing. ^_^


Langkah ke-4: 
Klik OK, lalu kan muncul tampilan sebagai berikut: 



Langkah ke-5:
Klik OK dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Langkah ke-6:
Klik Browser untuk mencari dan memilih file bahan ajar yang ada dikomputer kita untuk diubah menjadi bahan ajar berbentuk 3D PageFlip (dokumen yang diimport harus dalam format PDF), lalu klik Open, tampilan seperti berikut:







Langkah ke-6:
Pilih All Page dan Klik Import Now maka aplikasi akan memproses import bahan ajar tersebut ke dalam aplikasi 3D PageFlip. setelah itu, maka muncul tampilan sebagai berikut: 




catatan: 
Dibagian Design Setting rubah beberapa icon:
  • Show logo dihide
  • Print button dihide
  • Help button dihide
Setelah itu, Aplly Change. 




Langkah ke-7
Klik Edit Pages untuk mengedit/mengubah tampilan
maka akan muncul tampilan sebagai berikut



Untuk mengubah sound, klik Add Sound, Buatlah kkotak kecil disudut untuk tempat menyimpan audio, kemudian double klik kotak yang telah dibuat. cari file audio yang akan dimasukan, kemudian klik Open. 
tampilan sebagai berikut: 




Langkah ke-8: 
Untuk menambah video, klik Add Movie, seperti gambar di bawah ini : 


Langkah ke-9: 
Untuk menambah image (gambar), klik Add Image 





cara membuat  / menyisipkan file flash

lihat gambar di bawah ini !




Setelah semua selesai, klik file di sudut kiri atas, Save dan Exit




setelah itu, akan muncul tampilan seperti berikut : 






Langkah ke-10: 
Klik Apply Change kemudian Publish, maka kana muncul tampilan seperti berikut: 





Langkah ke-11: 
Setelah mengklik menu Publish, pili icon 3DP, atur dimana output 3D itu akan disimpan dengan cara mengklik Browser dan berikan nama filenya.    




Langkah ke-12: 
Klik Convert jika pengaturan publish telah selesai, maka proses dan hasil akhir convert digital book 








Demikian artikel bagaimana cara membuat Digital Book Mata Pelajaran Biologi dengan Materi Sistem Pernapasan Manusia dengan berbantuan 3D PageFlip.   Semoga bermanfaat


Untuk lebih jelasnya, penulis lampirkan video singkat bagaimana cara pembuatan digital Book dengan menggunakan 3D PageFlip...    Silahkan disimak ya..... ^_^ : 




Semoa Bermanfaat 

DAFTAR PUSTAKA










Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support